Pages

Kamis, 21 April 2011

Tips Belanja Online

1. Periksa reputasi website atau situs tempat anda belanja
Sebuah situs e-commerce atau yang lazim disebut toko online ini dapat dengan mudah dicari di internet melalui mesin pencari. Bentuknya bisa bermacam-macam, maka jangan heran kalau tiba-tiba ada email masuk yang menawarkan produk tertentu. Tapi bila ingin berbelanja ke toko online ini sebaiknya periksa apakah situs ini baru atau tidak, banyak pengunjung dan jumlah anggota (member), malah kalau iseng cek juga peringkat Alexa dan PageRank-nya. Semakin lama situs eksis dan jumlah membernya banyak dapat dipastikan toko online tersebut bagus dan terpercaya.

2. Cari referensi
Setiap penjual online membutuhkan testimonial dari para pelanggannya untuk membuktikan dia adalah penjual terpercaya (recommended seller). Ini bisa kita manfaatkan untuk mencari informasi lebih. Cek apakah banyak sanjungan atau komplain. Komplain juga bisa dibagi beberapa jenis, apakah komplain harga, lama pengiriman atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan gambar dan spesifikasi yang tertera pada situs. Kalau ini terjadi pada anda, penjual yang baik akan minta barangnya dikembalikan dan ditukar dengan yang baru.

3. Perjelas informasi
Setiap toko online dan penjual dunia maya selalu menyertakan nama, ID (bila di kaskus), nomor handphone dan alamat toko atau rumah bila personal, serta kontak chat (YM, Skype, MSN, dll). Ini menjamin bahwa penjual bisa dihubungi setiap saat. Selain itu coba cari informasi tersebut lewat Google, cek apakah penjual tersebut punya toko di tempat lain, dan kadang malah kita menemukan referensi dari situs lain tentang penjual tersebut. Dan lihat Bank untuk pembayaran serta jenis perusahaan Cargo yang dia gunakan.

4. Lihat perbandingan harga
Cek di Google dan toko online lainnya, apakah barang yang kamu inginkan ada juga dan kadang malah beda harga. Penjual online di dunia maya kadang merupakan reseller dari penjual lain sehingga harga lebih mahal sedikit, sekitar 5 ribu hingga 15 ribu. Makanya mending beli langsung dari sumber dan pembuatnya.

5. Perbanyak komunikasi dengan penjual
Sebelum melakukan pesanan, coba kontak dulu penjual secara personal, baik chat, SMS atau Telepon. Lihat respon penjual, ini juga bisa menilai apakah info kontak yang dipasang palsu atau tidak. Dan ingat untuk minta nomor resi pengiriman bila barang sudah dipesan, dibayar dan dikirim. Biasanya menggunakan Tiki dan JNE, degan nomor resi ini barang yang dikirim bisa dilacak keberadaannya. Hati-hati dengan penjual yang tidak maumemberikan nomor resi barang yang diirim.

6. Sabar, Berdoa dan Tawakal
Nah kalau ini kewajiban kita sebagai khalifah dan hamba Allah. Tiga hal ini wajib dilakukan, serta dijadikan kebutuhan dalam setiap aktivitas kita. Amiin...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers