Pages

Kamis, 16 Juni 2011

Wah, Semalam ada Peristiwa Gerhana Bulan Terlangka di abad ini


Semalam apakah Anda tidur pulas?

Karena banyak orang keluar rumahnya dan tidak tidur untuk menyaksikan salah satu momen unik terlangka pada abad ini. Apakah momen itu?


Momen unik dan langka tersebut adalah gerhana bulan yang terjadi pada dini hari tadi, kamis 16 Juni 2011 sekitar jam 1 pagi. Apa bedanya dengan gerhana bulan lainnya?
Bedanya ini adalah peristiwa gerhana bulan terlangka yang terjadi pada 100 tahun belakangan ini, soalnya gerhana bulan ini terjadinya lama banget, sekitar 100 menit.

Dimulai dari sekitar jam 1 pagi, udah mulai agak keliatan gerhana bulannya. Dan puncaknya itu pada jam 2 pagi sampai jam 3 pagi, soalnya bulan menjadi gelap banget dan dipinggirnya tuh ada warna merah. Bagus banget deh, pemandangannya, bakalan rugi loh kalau kita semalam ketiduran, karena saya bela-belain begadang buat nyaksiin peristiwa unik nan langka tersebut.

Kita bisa liat gambar gerhana bulannya tadi malam seperti ini ya:





 

Terus juga saya lihat di berita Global TV, katanya Bosscha mau buat video streamingnya. Jadi saya cari di internet video streaming dari Bosscha tentang gerhana bulan semalam, eh videonya masih belum bisa ditayangin, nggak tau kenapa. Jadi buat kalian yang nggak sempet nyaksiin gerhana bulan, kalian bisa liat video streamingnya di situsnya Bosscha yaitu www.Bosscha.itb.ac.id atau langsung ke http://bosscha.itb.ac.id/en/multimedia/livestreamgbt2011.html

Kalau dari software juga bisa kok, Cuma simulasi aja sih , software buat liat gerhana tersebut namanya Stellarium. Nah software ini juga lumayan bagus, demonya kita bisa liat di http://www.youtube.com/watch?v=tRDVbeFPAnA




2 komentar:

  1. wah.. gerhana bulan jadi bahan tulisan blog, kreatif. btw, seru juga ya gerhana bulan semalam

    BalasHapus
  2. iya Mas Hendi, share informasi buat semuanya Mas, biar dapat informasi mengenai lunar eclipse ini, hehe... pasti Mas, seru banget, aku belain begadang buat nonton momen langka ini Mas...

    BalasHapus

Followers