Pages

Selasa, 26 Juli 2011

Merawat Gitar Agar Lebih Tahan Lama



Dalam bermain gitar tentu saja kita tidak hanya harus bisa memainkannya dengan baik dan benar. Akan tetapi kita tentunya juga harus mengerti bagaimana cara merawat gitar kita agar bisa lebih awet masa pemakaiannya. Berikut tips dari saya untuk merawat gitar anda dengan baik dan benar.

Merawat Gitar

==> Selalu longgarkan senar sebelum anda tidur malam. Hal ini penting untuk menjaga kestabilitasan dari neck gitar anda. Selain itu, dengan melonggarkan senar gitar anda membuat anda mau tak mau pada pagi harinya atau kapanpun anda ingin memainkan gitar anda, anda harus menyetemnya lagi dan tentu saja ini akan membuat anda secara tidak langsung terlatih penguasaan dan kepekaan pada nada-nada di gitar.

Guitar Polish

==> Bersihkan gitar anda setelah anda memainkannya. Anda bisa membersihkannya dengan melap dengan kain lap dari bahan kaos. Untuk senarnya, anda bisa membersihkannya dengan cairan string cleaner yang semprotkan ke senar gitar. Untuk bagian bodinya, anda bisa menggunakan guitar polish yang digosokkan atau disemprotkan ke body gitar anda.

String Cleaner

==> Ganti senarnya secara bersamaan dan rutin. Jangan menunggu sampai senar gitar anda berkarat atau sudah mati nadanya baru anda mengganti senarnya. Hal ini dapat menyebabkan fret gitar anda rusak karena senar yang berkarat itu. Gantilah semua senar secara bersamaan, jangan hanya mengganti salah satunya saja untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar anda.

==> Bersihkan fretboardnya. Hal ini harus rutin juga anda lakukan karena fretboard biasanya menjadi tempat kotoran berkumpul di gitar. Anda bisa membersihkannya menggunakan cotton buds atau apabila sudah tebal tumpukan kotorannya anda dapat mencungkilnya terlebih dahulu menggunakan pick gitar anda. Jangan mencungkilnya dengan benda tajam karena ini dapat merusak fretboard anda. Setelah semua bersih, lap lagi dengan lap berbahan kaos.

Hard Case Gitar

Soft Case Guitar
==> Setelah langkah-langkah diatas selesai anda lakukan, masukkan gitar ke dalam case-nya. Untuk pemilihan casenya tergantung pada tingkat kebutuhan. Karena masing-masing mempunyai kelebihannya, soft case membuat gitar menjadi lebih mudah untuk dibawa kemana-mana karena ringan, sedangkan hardcase memang sedikit lebih berat akan tetapi hardcase dapat melindungi gitar dari benturan keras.

Demikian tips dari saya untuk merawat gitar anda. Sayangilah gitar anda dengan merawatnya karena gitar anda adalah bagian dari hidup anda terutama jika anda yang benar-benar ingin mendalami gitar.

sumber gambar : google

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers