Pages

Jumat, 30 September 2011

Berpetualang di Gandaria City dalam Korea–Indonesia Week


Kemarin hari kamis, saya bersama teman-teman saya sedang jalan-jalan ke Gandaria City Mall. Di sana ternyata kami melihat ada salah satu event besar di tahun ini, ternyata di Gandaria City sedang ada pertunjukan budaya Korea yang bertemakan Korea – Indonesia Week, selama 6 hari, yaitu mulai dari tanggal 28 September sampai tanggal 3 Oktober 2011.

Ternyata saya baru tahu kalau ada event kebudayaan tersebut, di arenanya udah berkumpul ratusan orang untuk menyaksikan pertunjukan kebudayaan ini. Saya pun bersama teman-teman saya juga turut menonton salah satu pertunjukan kebudayaan yang unik ini.


Di sini juga ada beberapa stan yang dikhususkan untuk tema Korea, ada souvenir gratis, dan peta tentang Korea, serta juga ada stan untuk baju-baju Korea atau yang dikenal dengan nama Hanbok, bahkan kita bisa memakainya juga. 



Yang lucu ternyata di Korea ada sebuah permainan yang namanya Jae Gi Cha Gi. Permainan ini menggunakan bola yang ada umbul-umbulnya, cara mainnya seperti kita memainkan permainan sepak takraw.


Kemudian juga ada pertunjukan olahraga Korea, yaitu Tae Kwon Do. Olahraga bela diri ini sebenarnya udah terkenal di Indonesia, banyak orang yang mengikuti olahraga bela diri ini selain pencak silat, kung fu, karate dan beladiri lainnya.


Kembali ke panggung, pertunjukan pun dimulai dengan penampilan mahasiswi UI yang belajar kebudayaan Korea dengan menggelar sebuah tarian. Tarian ini disebut Bu Che Chum yaitu Tari Kipas Korea yang merupakan salah satu tarian tradisional Korea. Dalam tarian Bu Che Chum, penari menggunakan kipas dengan hiasan bunga Peony serta menggunakan Hanbok. Kemarin semuanya serba berwarna pink, baik Peony maupun Hanbok.


Setelah itu juga ada pertunjukan paduan suara yang dibawakan beberapa puluh orang dengan menggunakan pakaian tradisional Korea, Hanbok. Kemudian juga ada pertunjukan gamelan atau yang disebut Sa Mul Nori, kali ini pertunjukan dibawakan oleh orang Korea langsung.


Baru yang paling banyak ditunggu muncul, yaitu acara K-POP Contest, sebuah ajang pemilihan atau contest penyanyi pop dengan lagu Korea, dengan 3 orang dewan juri. Di acara ini juga ada banyak kontestan yang ikut serta, tapi karena saya kemarin udah datang pas semifinal jadi pesertanya tinggal sedikit namun hebohnya luar biasa. Banyak pendukung yang datang, baik dari pihak keluarga, teman maupun orang lainnya.


Semua bersorak ria melihat penampilan kontestan K-POP ini. Termasuk juga saya… pokoknya meriah heboh banget disana. Acara berlangsung sampai malam, tapi berhubung udah jam setengah enam, akhirnya saya pulang bersama teman-teman. Serunya hari ini ke Gandaria City Mall dengan menyaksikan kebudayaan Korea.

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. coba tampilin blog lebih lengkap lagi..... masih kurang samannori.... litlelamb alias penampilan anak2 kecilnya korea yg unyu2~ trz juga foto k-pop kontesnya akan lebih menarik kalau yg di tampilin adalah para pemenang atau yang kostumnya meriah seperti boys n girls band nya korea... hehe biar lebih lengkap ceritanya n lebih seru blognya.... ^^

    semangat y terus menulis acara2 tentang korea..... jangan lupa datang di korean culture day di balairung ui bulan february y.... annyeonghigyeseyo..... ;-)

    BalasHapus
  3. Anyeong...

    wah, saya malah kurang lengkap, soalnya dibatasi waktu... hebat nih, udah nonton lengkap ya... share dong informasinya, hehehe

    Februari 2012 ya? semoga aja ya kalau inget, hehehe... lumayan juga buat bikin bahan artikel di blog :)

    makasih ya kunjungannya ke sini, salam kenal :D

    annyeonghigyeseyo :D

    BalasHapus

Followers