Pages

Rabu, 05 Oktober 2011

Manfaat Game Untuk Ilmu Pengetahuan


Bermain game kadang bisa menimbulkan banyak pro-kontra di lingkungan kita. Ada yang boleh-boleh aja bermain game untuk menghilangkan jenuh dan menyegarkan kembali pikiran kita yang penat dengan pekerjaan ataupun tugas sekolah dan kuliah. 

Namun ada juga pihak kontra yang mengganggap bermain game itu kurang baik, karena menghabiskan waktu sia-sia, banyak pekerjaan yang terbengkalai dan juga lama-kelamaan akan menimbulkan penyakit malas.


Namun berbeda dengan apa yang dimainkan oleh para gamers di permainan Planet Hunters. Permainan ini malah menimbulkan sisi positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kita. 

Dengan bantuan para gamers dalam memainkan game ini, mereka dapat membantu para ilmuwan dan astronot karena mereka menemukan dua buah calon planet yang ada di galaksi kita.


Game Planet Hunters adalah sebuah permainan di dunia maya yang berbasis web, permainan ini dibuat oleh Universitas Yale dan Zooniverse dengan misi mencari calon planet. Di dalam permainan ini, digunakan data pengukuran cahaya lebih dari 150.000 bintang di alam semesta ini dan juga digunakan data yang diambil melalui satelit NASA.

Jadi, dalam permainan ini, kita memainkan sebuah game untuk menemukan calon planet baru berdasarkan atas data yang telah dimiliki dalam beberapa misi antariksa dan juga melalui pengamatan satelit. 



Cara menemukannya adalah apabila kita menemukan ada hal yang ganjil dalam data yang dikerjakan, kemudian keanehan tersebut bisa kita laporkan kepada server. Kemudian server melalukan pemeriksaan dan verifikasi lebih lanjut atas laporan yang kita kirimkan.

Untuk kita yang ingin turut bermain dalam game ini, kita tinggal mengunjungi saja situsnya di http://www.planethunters.org/ . kita bisa klik tombol Start hunting for planets di area atau kolom yang berwarna hijau.
Lihat cara bermainnya di video youtube ini :

Sementara ini, dua buah calon planet yang ditemukan oleh para gamers tersebut diberi nama dengan kode KIC 10905746 dan KIC 6315331. Sebenarnya game ini lebih seperti sebuah proyek antariksa yang menggunakan bantuan dari para gamers mania untuk turut serta berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Itulah game, layaknya segala hal yang ada dalam kehidupan kita. Sesuatu yang memiliki sisi positif dan negative, manfaat dan kekurangan. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita menanggapi hal tersebut. Apakah kita mau melihat dari segi pandang positif untuk kemajuan atau hanya melihat dari segi negatifnya saja. Keputusan ada di tangan kita masing-masing.



Sumber gambar :

7 komentar:

  1. Wah wah ternyata manfaat bermain games banyak sekali dan sangat bagus. coba juga ah

    BalasHapus
  2. maaf nambah, jangan lupa follow juga blogku ya di http://health-advantage.blogspot.com/ saya sudah follow blogmu

    BalasHapus
  3. ih gan, kok gamenya lemot banget sih.... apa aja speknya yang dibutuhin buat main game ini gan???

    kunjung dari <a href="http://review-newgadget.blogspot.com/>review-newgadget.blogspot.com</a>

    BalasHapus
  4. ih gan, kok gamenya lemot banget sih.... apa aja speknya yang dibutuhin buat main game ini gan???

    kunjung dari review-newgadget.blogspot.com

    BalasHapus
  5. @Mukti : iya sih,game ada manfaatya dan ada juga kekuranganya, hehehehe

    BalasHapus
  6. @Mukti : oke, udah di follow kok, sip deh. heheheh... sering2 mampir ya, hahahaha :D

    BalasHapus
  7. @Rahmat : oh kurang tau deh gan... hmmm, kayaknya sih tergantung kecepatan internetnya deh, coba aja kalo nggak salah minimun 384kbps deh..

    BalasHapus

Followers