Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Tips Aman Transaksi di Online Shop


Seiring dengan perkembangan zaman, maka banyak pula hal yang berubah yang telah mempengaruhi gaya hidup kita. Khususnya pada perkembangan teknologi, dimana sebagian besar kehidupan kita telah terbantu berkat adanya perkembangan teknologi. Misalnya dalam pekerjaan kita, hiburan, komunikasi dan lainnya.

Salah satu contoh dari perkembangan teknologi adalah penggunaan internet. sebagaimana kita ketahui, internet berperan besar dalam membantu kita di berbagai hal. Misalnya saja dalam transaksi di online shop, sehingga kita tidak perlu lagi membuang energi dan waktu secara percuma hanya untuk berbelanja ke tempat-tempat tertentu.

Sekarang sudah banyak situs online shop yang menyediakan banyak barang dan jasa, mulai dari produk kesehatan, makanan sehari-hari, pakaian, fashion, kosmetik, gadget dan lainnya. Sebagian dari kita, para pengguna internet masih kurang nyaman dengan online shop karena maraknya penipuan yang beredar di internet.


Oleh karena itu, ada baiknya jika kita memperhatikan hal-hal berikut ini agar kita aman bertransaksi di situs online shop, mengingat banyaknya penipuan di online zaman sekarang ini.


Beberapa tips transaksi online yang aman, yaitu :


·         Bantuan Alexa



Alexa bukanlah nama orang, namun nama sebuah ranking yang dibuat oleh Alexa.com. Alexa ranking sudah terkenal dan diakui di dunia sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk kepentingan kita.

Kita dapat periksa situs online shop tersebut di Alexa ranking, semakin kecil angkanya, maka itu tandanya semakin baik dan lebih terjamin, karena sering dikunjungi banyak orang. Contoh dari Alexa ranking yang terbaik adalah Google yang memiliki ranking 1 di Alexa. Namun ada juga situs online shop asli yang bukan penipuan yang memiliki ranking besar di Alexa, mungkin saja situs online shop tersebut kurang dikunjungi orang.



·         Situs milik sendiri


Maksudnya adalah pihak online shop memiliki situs dengan membeli nama domain dan menyewa hosting sendiri, sehingga mereka tidak menggunakan situs gratisan. Ini tandanya mereka punya modal sendiri dan lebih serius untuk mengelola bisnis online.



Pendapat dari konsumen online shop pun bisa menjadi nilai tambah kepercayaan kita untuk bertransaksi di situs tersebut.

Lebih aman untuk situs online shop yang memiliki halaman customer service, agar kita dapat menghubungi mereka. Di halaman ini, kita bisa menemukan informasi untuk berkomunikasi, seperti email, faksimile, nomor telepon kantor dan alamatnya.

Seandainya tidak ada halaman customer service, lebih baik jangan bertransaksi di situs online shop tersebut, bisa jadi itu merupakan salah satu situs online shop palsu.




·         Media Pembayaran


Kita harus mempertimbangkan media pembayaran yang akan digunakan untuk bertransaksi di online shop. Yang paling aman adalah pembaran melalui jasa Paypal. Dengan menggunakan jasa Paypal ini kedua belah pihak akan sama-sama merasa nyaman, sehingga tidak ada yang dirugikan.

Namun kita harus mewaspadai apabila media pembayarannya mengguanakan transfer antar bank ataupun kartu kredit, karena keduanya merupakan media pembayaran online yang rentan akan kasus penipuan belakangan ini. Oleh sebab itu, maka saya lebih menyarakankan untuk cara pembayaran menggunakan Paypal yang lebih aman.





Itulah beberapa hal yang dapat membantu kita dalam bertransaksi di online shop, mengingat banyaknya kasus penipuan di online. Sehingga diharapkan tidak ada yang merasa dirugikan dalam online shop, karena pembeli dan penjual pastinya ingin sama-sama merasa nyaman, apalagi untuk pelayanan pasca pembelian, pastinya akan menarik lebih banyak pembeli lagi di situs online shop tersebut.

Semoga informasi mengenai tips aman bertransaksi di online shop ini dapat berguna buat kita semua ya, selamat beraktivitas dan selamat bertransaksi bagi yang ingin berbelanja di online shop… have a nice day :)








Sumber gambar :

21 komentar:

  1. wwaaaaaaahhhhhhhhh klu gini intrnetan ya makin maju tyuz donk

    BalasHapus
  2. dikasih jempol buat tipsnya, mau bisnis online juga nih :)

    BalasHapus
  3. @idha jannaxl : semakin lama emang internet semakin canggih mbak

    BalasHapus
  4. @hasan purnawan : thanks ya gan... semoga tips di atas membantu, hehe

    BalasHapus
  5. Yang bener aja.., kalau itu sih bukan jaminan aman, contoh akun paypal juga sering kebobolan, ranking di alexa ataupun situs pribadi juga bukan jaminan aman. Banyak juga yang pakai situs gratisan yang penjualnya jujur.

    BalasHapus
  6. seandainya semua orang jujur apa adanya maka tidak perlu tips tips seperti ini ya kan... sayangnya yang jujur hanya satu diantara sepuluh orang yaitu agan. he he he

    BalasHapus
  7. @Internet Marketer : diantara media pembayaran yang paling aman yah Paypal, coba transfer bank, resikonya lebih tinggi. lalu jika Anda tau, kenapa nggak share info

    BalasHapus
  8. @kirimwarta.com : jaman sekarang, semuanya pake berbagai cara buat dapet duit gan, hehehe... nggaklah, saya bukan orang jujur, agan kali nih, hehe :)

    thanks ya gan kunjungannya :)

    BalasHapus
  9. good info, salam dari Kebumen

    BalasHapus
  10. maturnuhun Pak... salam buat warga Kebumen ya :)

    BalasHapus
  11. Tips ini bagus agar yang belanja online lebih berhati-hati. Namun orang jahat alias penipu akan selalu ada dimana saja, online atau offline. bahkan dept agama pun ada penipu. hanya saja artikelnya dapat menutup kesempatan bagi mereka yang baru jualan di internet, meskipun mereka jujur. seperti saya yang baru jualan sepatu wanita online akan terkena dampak dari mereka para penipu itu. anyway, thanks for the good info.

    BalasHapus
  12. oh ya gan, punya referensi toko online yang terpercaya ga?

    BalasHapus
  13. @Athan : iya, terima kasih mas. Karena jaman sekarang ini makin sulit untuk menghindari modus penipuan di manapun dan kapanpun.

    namun ini sekedar tips agar konsumen dapat lebih berhati-hati saja mas, bagi yang jujur maka tidak usah khawatir, karena pasti akan selalu ada konsumen. Ketika konsumen puas, maka ada kemungkinan konsumen tersebut dapat menjadi media periklanan yang mereferensikan toko online tersebut karena merasa puas dan nyaman..

    Jika artikel diatas kurang berkenan, saya mohon maaf ya mas.. sekian dan terima kasih

    BalasHapus
  14. @momod : sementara ini yg menurut saya pribadi bagus adalah rakuten.co.id, tapi coba filter lagi ya

    BalasHapus
  15. Satu lagi, jangan mudah tergoda dgn harga murah, apalgi kalau harganya terlalu beda jauh bedanya dgn harga normal/asli barang tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, bisa jadi barang BM atau modus ya gan.. thanks gan

      Hapus
  16. mantab gan tipsnya.... dan setuju banget denga @Tongkonanku: Jangan Tergoda dengan harga murah! karena banyak jebakan batmannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... thanks gan, iya jebakan batman? hahaha

      Hapus
  17. sekarang udah ada rekber dikaskus, tapi kalo forum lain gimana yah?
    hehe

    BalasHapus
  18. Terima Kasih tipsnya nih, keamanan memang hal yang sangat perlu.. salam sukses..

    BalasHapus
  19. I-KOIN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE INDONESIA
    https://i-koin.com/

    BalasHapus

Followers