Pages

Selasa, 03 April 2012

Game Pembasmi Serangga Tomcat


Saat ini di media massa ada berita mengenai serangan serangga tomcat. Serangga tomcat ini mungkin baru populer saat ini, tapi sebenarnya serangga ini sudah ada sejak lama. Serangga tomcat disebut juga kumbang rove atau semut semai atau semut kayap.  Serangga tomcat memiliki warna hitam pada kepala, badan dan tubuh paling belakang. Dan memiliki warna orange madu pada perut dan bagian tubuh diantara kepala dan badan.

Apabila merasa terganggu atau terancam, serangga Tomcat akan menaikkan bagian tubuh belakangnya seperti kalajengking dan dapat mengeluarkan cairan racun. Ada pendapat bahwa cairan racun tomcat ini memiliki racun lebih kuat 12 kali lipat dari racun atau bisa ular kobra. Serangga tomcat merupakan sahabat petani karena merupakan pemangsa wereng dan hama. Dengan adanya tomcat, petani dapat lebih terbantu.
Banyaknya berita mengenai serangan tomcat kepada manusia menjadi sebuah kesempatan untuk sebuah pengembang game, yaitu Agate. Mereka mmebuat sebuah game dengan tema serangga tomcat berjudul “Basmi Tomcat” di situs gejegames, http://www.gejegames.com/geje/titok--basmi-tomcat.


Game sederhana ini mudah dimainkan dan praktis. Ceritanya adalah tentang seseorang bernama Titok yang mau mandi, kemudian Titok masuk ke kamar mandi dan disana ia melihat ada banyak serangga tomcat. Kemudian kita langsung bermain sebagai Titok dengan menggunakan sebuah alat untuk membasmi tomcat.

Saat nilai skor membunuh serangga tomcat semakin tinggi, alat yang digunakan juga akan berubah. Awalnya kita akan menggunakan pemukul lalat, terus bisa berubah menggunakan sandal jepit hingga menggunakan palu.



Walaupun menghibur, namun di akhir permainan, Titok akan menampilkan tulisan berisi tips, misalnya "Segera cuci bagian tubuh yang terserang serangga Tomcat dengan air sabun".


Kalau melihat Tomcat hinggap di tangan, jangan dipencet atau dibunuh seperti mematikan nyamuk ataupun serangga kecil lainnya. Sebaiknya Tomcat ditiup hingga pergi, atau diambil dengan hati-hati menggunakan alat atau tangan yang ditutupi plastik dan dibuang ke tempat yang aman. Setelah itu cuci tangan dengan sabun dan ulangi lagi. Kalau bisa singkirkan serangga tomcat tanpa harus menyentuhnya secara langsung.

Jika kulit terkena racun Serangga Tomcat segeralah mencuci bagian kulit yang terkena dengan menggunakan sabun. Jangan diberi pasta gigi, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon maupun bedak tabur karena hanya akan memperparah keadaan. Kulit yang terkena toksin Tomcat akan merah meradang mirip herpes tetapi tidak sama.

Pengobatannya menggunakan salep dan antibiotik. Peradangan juga dapat diredakan dengan mengkompres bagian kulit yang terkena racun dengan air dingin. Semoga dengan adanya game ini dapat lebih membantu kita mendapatkan informasi dan tindakan cepat apabila kita melihat ada serangga tomcat. Saran saya apabila kita melihat ada serangga tomcat, mohon jangan dibunuh ya, kasian. Ada baiknya jika disingkirkan aja. Semoga informasi dan saran ini dapat bermanfaat buat kita semua.



1 komentar:

Followers