Pages

Senin, 09 Mei 2011

Air Zam Zam Diisukan Tercemar

Informasi Berita Mengenai Air Zam Zam




Air yang paling baik di muka bumi ini adalah air zam zam. Selain bersih, air zam zam juga mengandung banyak khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Zam Zam ( زمزم) dalam bahasa Arab berarti banyak; melimpah-limpah. Air Zam Zam merupakan air suci bagi umat Islam. Letaknya dalam kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, dalamnya 42 meter.  Berjuta juta jamah haji setiap tahunnya mengambil air dari sumur zam zam, namun sumur tersebut tak pernah kering, konon menurut kisahnya, air zam zam tersebut dipakai untuk mensucikan hari Rosulullah sebelum menjalani Isra’ Mi’raj.

Sumur Air Zam Zam



Keberadaan air zam zam ini tak dapat dilepaskan dari sejarah Nabi Ibrahim dan Ismail. Jejakan kaki Ismail (waktu masih kecil), saat ditinggalkan bersama Siti Hajar oleh Nabi Ibrahim di padang nan gersang, menjadi lantaran bagi memncarnya sumber air zam zam tersebut, Allah terus melanggengkan pancaran air zam zam tersebut hingga detik ini. Sumber air zam zam tersebut berada di dalam kompleks Masjidil Haram, akan tetapi saat ini pintu masuk air zam zam telah ditutup oleh pemerintah Arab Saudi. Penutupan ini dilakukan untuk memperlancar pelaksanaan thawaf, pintu tersebut memang berada di jalur pelataran thawaf, sehingga saat ini para jamah haji mengambil air zam zam sepuasnya di sisi Masjidil Haram.


Belakangan ini terdengan isu tentang air Zam Zam yang tercemar. Pemerintah Arab Saudi telah membantah pernyataan bahwa air Zam Zam --yang berasal dari mata air di dalam kompleks Masjidil  Haram Makkah--tercemar. Kerajaan Arab menegaskan tak ada ancaman kesehatan pada air suci itu. Dewan Pimpinan Urusan Dua Tempat Suci mengatakan di dalam satu pernyataan, Sabtu (7/5), dewan tersebut tak menerima laporan yang menyatakan ada masalah dengan air Zam Zam, yang aman untuk diminum.



Menurut ajaran Islam, mata air itu tak pernah kering selama 4.000 tahun dan banyak peziarah memperlakukan air tersebut sebagai air suci dan memiliki keajaiban dalam penyembuhan. Media Inggris pekan lalu melaporkan sumur tersebut "tercemar" dan "meminum air Zam Zam dapat menimbulkan penyakit seperti kanker". Kedutaan Besar Arab Saudi di London mengeluarkan pernyataan yang menegaskan air Zam Zam tak tercemar dan penelitian di berbagai laboratorium Eropa pada Maret mengkonfirmasi air tersebut aman untuk diminum.


Raja Abdulah pada September lalu meresmikan proyek bernilai 187 juta dolar AS yang mampu mengisi 200.000 botol per hari di Makkah. Peziarah di Majidil Haram dapat meminum air Zam Zam dari ratusan keran yang tersedia di mana-mana. Namun Pemerintah Arab Saudi telah melarang eksport komersial air tersebut.

Fakta mengenai air zam zam
1. Air zam zam disebut sebut mempunyai kandungan mineral kalsium, magnesium dan fluorida yang cukup tinggi.
2. Sumur zam zam berada dalam wadi Ibrahim yang mengalir melalui kota suci Makkah Al Mukarromah.
3. Sumur zam zam kini berada dalam ruang bawah tanah, dilindungi oleh panel panel kaca sehingga sumur bisa terlihat dengan jelas akan tetapi ruangan tersebut tidak terbuka untuk umum.
4. Sumur zam zam digali secara manual, dalamnya 30,5 m. diameter bagian dalamnya antara 1,08 hingga 2,66 m.
5. Penyedotan air zam zam kini menggunakan pompa listrik
6. Sebelum didistribusikan pada konsumen dan dibawa ke Madinah, air zam zam disaring beberapa kali. Penyaringan pertama menggunakan penyaringan pasir, penyaring mikro dan pemusnahan kuman dengan ultra violet.
7. Untuk menjamin kualitas dan ketersediaan air zam zam, pemerintah Arab Saudi mendirikan Zam Zam Studies and Research Center.

Apakah air zam zam akan habis?
Sebuah pertanyaan yang sangat menantang, sebuah uji coba telah dilakukan yakni uji pemompaan sumur zam zam sebanyak 8000 liter/detik selama kurang lebih 24 jam menunjukkan tingginya air menurun dari 3,23 m dibawah tanah hingga 12,79 m, dan lalu menjadi 13,39 meter. Setelah itu tinggi air berhenti merosot. Air kembali naik ke 3,9 m dibawah tanah hanya 11 menit setelah pemompaan dihentikan. Adanya kemungkinan air yang masuk lewat lapisan tanah meuju sumur berasal dari retakan batuan di gunung-gunung di sekitar Makkah, jadi air zam zam takkan pernah habis.

Telaga Air Zam Zam



Gambar : google.com
Artikel :
  • http://id.berita.yahoo.com/air-zam-zam-dikabarkan-tercemar-pemerintah-saudi-bantah-103315384.html
  • http://kesiniaje.blogspot.com/2009/06/asal-mula-air-zam-zam.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers