Pages

Kamis, 05 Mei 2011

Kelebihan dan Kekurangan Metode Home Schooling



Seiring dengan perkembangan zaman, berkembang pula pendidikan di Indonesia. Perkembangan ini tampak jelas mulai dari teknologi hingga metode pengajaran siswa. Kini sudah cukup banyak trend tentang metode pengajaran home schooling atau belajar di rumah. Namun masih belum banyak yang memilih metode itu karena metode terseubut dianggap tidak umum. 



Home Schooling sendiri memiliki beberapa serta kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya menurut kutipan Parenting.

Kelebihan:
1. Waktu yang lebih fleksibel
Metode bersekolah di rumah memberikan kelonggaran waktu bagi anak-anak. Mereka bisa menentukan waktu belajar mereka sendiri.

2. Sosialisasi
Metode bersekolah di rumah membuat anak Anda tak hanya bersosialisasi dengan teman sepermainan dengan umur yang sama, namun juga dengan orang-orang yang jauh lebih tua dari mereka (para staf pengajar).

3. Belajar setiap saat
Saat anak Anda sakit, atau kurang enak badan, ia tetap dapat belajar di rumah.

4. Kurikulum lebih terfokus
Anak bisa langsung memilih kurikulum yang ia minati saja, dan tidak perlu mempelajari segala sesuatu yang sifatnya terlalu umum.

5. Bebas dari ancaman teman
Seringkali anak-anak merasakan tekanan dari teman sebayanya yang membuatnya trauma dan ketakutan. Sekolah di rumah membuat anak Anda terbebas dari hal tersebut.


Kekurangan:
1. Kurang pengajaran disiplin
Terlalu fleksibel bisa menjadi bumerang bagi anak Anda. Tak adanya waktu yang jelas saat menjalankan pendidikan bisa membuat disiplin anak-anak berkurang.

2. Minimnya kompetisi
Home schooling mengurangi kesempatan anak untuk berkompetisi secara sehat dengan teman sebayanya dalam bidang apapun. Padahal kompetisi akan membangkitkan semangatnya untuk lebih maju.

3. Belum ada standardisasi kurikulum
Karena home schooling termasuk metode pengajaran yang masih jarang, maka belum ada standar kurikulum yang jelas di Indonesia.

4. Sosialisasi
Anak-anak juga perlu bersosialisasi dengan teman sebayanya. Anda memang tidak bisa melindunginya setiap saat tekanan anak-anak lain. Namun hal itu juga bisa membuatnya menjadi semakin berani, dan belajar menghadapi segala masalah.

5. Keuangan
Sekolah di rumah biasanya membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dari sekolah umum. Sebelum memutuskan memilih metode ini, Anda harus memastikan dulu kondisi keuangan Anda.

Gambar : google.com
Artikel : id.berita.yahoo.com/kelebihan-dan-kekurangan--home-schooling-.html

1 komentar:

  1. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Home Schooling', Silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1160/1/10506264.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Followers