Pages

Selasa, 19 Juli 2011

Main Game Yang Aman Untuk Anak

Buatlah Main Game Menjadi Hal Yang Aman Untuk Dilakukan Anak Anda
Tidak ada salahnya membiarkan anak bermain game console untuk mengisi waktu luangnya. Akan tetapi, kita juga harus melihat pengaruh game pada perkembangan jiwa anak kita dan perilakunya sehari-hari. Ada baiknya untuk mencegah anak kita mendapat pengaruh buruk dari game-game yang dimainkannya, kita harus pandai-pandai memilihkan game untuk anak kita karena game yang dimainkan bisa memberi pengaruh besar pada perkembangan jiwa anak kita. Kita tidak mau anak kita nantinya mempunyai perilaku buruk hanya karena salah memainkan game dalam kesehariannya. Saya ada tips untuk anda agar bermain game menjadi suatu hal yang aman untuk anak anda.
  1. Sesuaikan jenis game dengan umur anak anda. Hal ini penting karena apabila game yang dimainkan tidak sesuai dengan umurnya maka anak anda bisa berpola pikir yang tidak sesuai dengan umurnya.
  2. Perhatikan jenis game yang dimainkan. Sebaiknya jangan memberikan game yang mengandung unsure kekerasan pada anak anda karena biasanya ketika mereka sedang tidak main game dan main bersama temannya, apa yang terekam oleh memori anak anda seperti perkelahian, tembak-tembakan, dll akan dipraktekkan anak anda kepada anak anda terutama anak laki-laki.
  3. Batasi waktu bermain game anak anda. Terapkan jam main game. Saya sarankan jangan lebih dari 1 jam karena kalau lebih dari itu akan membuat anak anda menjadi malas untuk melakukan hal lainnya dan bisa membuat dia larut dalam keasyikannya bermain game tanpa peduli pada lingkungan sekitar dia.
  4. Perbiasakan anak bermain setelah semua tugas sekolahnya selesai.
  5. Janjikan reward pada anak anda apabila dia bisa mematuhi aturan jam main game itu.  Contoh rewardnya mungkin anda bisa mengatakan pada anak anda kalau anda akan membuat makanan kesukaan dia apabila dia bisa tepat waktu dan disiplin dengan aturan jam main game.
  6. Dampingi anak anda ketika sedang main game. Anda mungkin bisa ikut bermain bersama anak anda jika anda juga senang bermain game. Akan tetapi jika anda bukan tipe orang yang senang main game, mungkin anda bisa duduk di dekat dia sambil membaca majalah atau buku favorit anda. Jangan terkesan mengawasi seperti pengawas ujian karena anak anda tidak akan merasa nyaman dengan itu. Biarkan anak bermain game dengan leluasa tanpa harus merasa seperti diawasi.
Sumber Gambar : google

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Followers