Pages

Kamis, 20 Oktober 2011

Cegah Bencana dengan Burung Kutilang


Pasti ketika kita pertama kali membaca atau mendengar tentang judul artikel saya ini, kita bakalan aneh dan keheranan nggak percaya dengan judul tersebut. Cegah bencana dengan burung kutilang, mana mungkin? Stress mungkin penulis ini ya? Tapi sabar, santai dulu, soalnya burung kutilang tersebut ternyata bisa digunakan sebagai sensor peringatan bencana.


Burung kutilang ini merupakan sensor yang diciptakan untuk peringatan atau mencegah risiko ketika terjadi bencana. Pembuat burung kutilang ini adalah tiga orang anak yang berasal dari Papua, yaitu Demira Yikwa, Yohana Oprawiri dan Albertina Beanal.


Cara kerja sistem burung kutilang buatanketiga anak tersebut adalah dengan memasukkan burung kutilang ke dalam sangkar yang telah dilengkapi dengan switching. Bagian switching pada sangkar tersebut akan langsung terhubung dengan mikrokontroler, motor, lonceng, panel surya dan aki. Hasilnya akan dapat memberitahu kita jika akan terjadi bencana, seperti tsunami misalnya.


Alasan digunakannya burung kutilang untuk mencegah bencana tersebut adalah karena burung kutilang merupakan burung yang suka panik dan ketika burung tersebut merasa panik, maka ia akan langsung menabrak sangkar. Disinilah sistem mulai langsung bekerja, yaitu ketika burung kutilang menabrak sangkar.



Ketika burung kutilang menabrak sangkar sebanyak sepuluh kali, maka secara otomatis akan ada sinyal yang dikirim ke mikrokontroler dan diteruskan ke motor. Motor tersebut akan bergerak dan menyebabkan lonceng berbunyi sehingga menjadi peringatan awal untuk mengantisipasi atau meminimalisasi risiko akan bencana yang mungkin terjadi.

Sumber tenaga yang digunakan dalam sensor peringatan burung kutilang ini adalah sumber tenaga matahari. Bagian atas sistem telah dilengkapi dengan panel surya yang langsung terhubung dengan aki. Jelas selain biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat sistem peringatan burung ini sangat murah juga teknologinya ramah lingkungan.



Saya rasa dengan sistem peringatan burung kutilang ini dapat menjadi alternative lain bagi kita untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Semoga bencana di tanah air kita dapat dihindari guna menyelamatkan banyak nyawa. Amienn...



Sumber gambar :

2 komentar:

  1. klo buat mencegah datengnya maling bisa gak yaa???

    monggo mampir ya ke artikel saya ^^

    SALAM,
    JIMMY

    BalasHapus
  2. yah itu mah lebih gampang kali sob... tinggal pasang jebakan tikus aja.. loh???

    oke siap kunjung balik sob..

    BalasHapus

Followers