Pages

Selasa, 18 Oktober 2011

Royal Wedding Khas Keraton Yogyakarta


Salah satu momen spesial di abad ini adalah Royal Wedding, setelah beberapa bulan lalu ada Royal Wedding di Inggris, yaitu pernikahan antara Pangeran William dengan Kate Middleton, kini giiran Royal Wedding di Indonesia, hebat kan, Indonesia juga bakalan ada Royal Weddingnya, yaitu pernikahan antara GRAj Nur Astuti Wijareni dan Achmad Ubaidillah.

GRAj Nur Astuti Wijareni adalah putri kelima dari Sri Sultan Hamengkubuwono X, ia akrab dipanggil dengan sebutan Jeng Reni. Dulu Jeng Reni juga pernah menjadi finalis Miss Indonesia 2009. Rencananya penikahan tersebut akan diadakan pada tanggal 16 – 19 Oktober 2011 ini.



Yang saya dengar dari berbagai informasi di internet dan media elektronik, untuk persiapan Royal Wedding Keraton Yogyakarta ini telah disiapkan makanan snack berupa bakpia yang menjadi salah satu makanan khas di Yogyakarta. Saya juga suka banget dengan bakpia, setiap ke Yogya, pasti saya bawa kue bakpia sebanyak 2 sampai 5 pack, ada yang rasa kacang hijau, cokelat dan keju.


Kembali ke Royal Wedding khas Keraton Yogyakarta, menurut adat Jawa, sebenarnya anak yang lebih tua harus menikah terlebih dahulu sebelum anak yang lebih muda. Nah, karena Jeng Reni anak paling bungsu mau menikah, sementara ada kakaknya yang belum menikah, yaitu GRAj Nurabra Juwita atau yang dikenal dengan sebutan Mbak Abra, maka Jeng Reni harus mengikuti adat yang berlaku, yaitu memberikan pelangkah ke kakaknya yang belum menikah, yaitu ke Mbak Abra.



Apa itu pelangkah?

Pelangkah menurut adat Jawa adalah suatu pemberian khusus yang diberikan oleh seorang adik yang akan menikah kepada kakaknya yang belum menikah sebagai tanda mohon restu untuk pernikahannya.


Ternyata Jeng Reni sudah memberikan pelangkah kepada Mbak Abra berupa perhiasan layaknya wanita pada umumnya, seperti baju, tas, perhiasan dan sepatu. Mbak Abra hanya ingin pelangkah seperti biasa yang sederhana aja, nggak perlu yang mahal dan bermerek bagus, toh yang penting kan kegunaannya dan bisa dipakai.

Mbak Abra juga turut mendoakan semoga pernikahan adiknya, Jeng Reni dengan Ubai berjalan dengan lancar dan bahagia selamanya. Selain Mbak Abra, seluruh keluarga Keraton dan masyarakat Yogyakarta, serta kota lainnya juga turut mendoakan kebahagiaan pasangan yang akan menikah tersebut.



Saya secara pribadi juga turut mendoakan kebahagiaan Jeng Reni dan Ubai, semoga mereka berdua hidup bahagia dengan kasih sayang selamanya… Amienn….



Sumber gambar :

10 komentar:

  1. kita doakan semoga pernikahan ini lancar dan menjadi keluarga yang bahagia..

    BalasHapus
  2. duh ayu tenan iku penganten...suka banget liat muka ademnya GKR Bendara. mudah2an jadi keluarga samaro :D

    BalasHapus
  3. Kebetulan, tadi siang saya ikut nonton acara pernikahannya. Rame banget euy..!! :)

    BalasHapus
  4. Pestanya orang jogja nih :)

    BalasHapus
  5. semoga mereka menjadi keluarga sakinah ma wadah wa rohmah

    BalasHapus
  6. @jimmy63 : betul sekali bang, semoga mereka berdua hidup bahagia selamanya

    BalasHapus
  7. @adeline = Amien mbak, sing ayu sopo? jeng reni opo ubai? hehehe.... moga2 mereka berdua bahagia ya

    BalasHapus
  8. @Tongkonanku : wah asik banget, tinggal di Yogya ya Mas? daerah mananya?

    BalasHapus
  9. @Aji Prast : pesta kita juga dong Mas, hehehe

    BalasHapus
  10. @avail : Amien, insyaAllah ya...

    BalasHapus

Followers