Pages

Kamis, 27 Oktober 2011

Tips Belajar Blog


Hari ini saya kurang enak badan, jadi saya diam di rumah nggak ada kerjaan. Daripada bengong, saya baca buku aja dari tadi pagi. Buku yang saya baca merupakan buku tentang belajar blog, khususnya blogspot.

Buku ini berjudul Best of The Best Most Wanted Blogging Tips, isinya antara lain adalah tips untuk menggunakan dan mengelola blog kita.



Informasi yang menambah wawasan saya sebagai blogger pemula adalah cara membuat Form kontak melalui email. Jadi untuk membuat Form kontak tersebut, kita tinggal menggunakan script, contoh scriptnya ada di http://kontactr.com.

Pertama kita masuk ke dalam situs tersebut, kemudian seperti biasa, kita klik "Sign Up" pada menu yang tersedia. Langkah selanjutnya bisa kita lihat dan ikut sesuai prosedurnya.



Kemudian selain itu, ada juga cara untuk menampilkan peringkat artikel kita, yaitu dengan widget yang bernama Outbrain.com. Kita buka situs tersebut, kemudian pilih opsi widget yang kita inginkan, ada teks dan gambar dan juga pilih feedback yang kita inginkan.



Terus kita preview hasilnya. Pilih widget tersebut untuk blog yang kita miliki (dalam hal ini saya punya blogspot), kemudian klik Instal, isikan username dan password Blogger kita dan klik Sign In. Kemudian kita ikuti langkah selanjutnya dan klik add a gadget. Hasilnya peringkat tersebut langsung bisa kita lihat di blog kita.



Yang membuat saya semakin tertarik akan isi buku ini  adalah tentang halaman yang menjelaskan bagaimana cara melakukan back-up semua artikel dan komentar kita, tentunya dengan menggunakan software yang bisa kita dapatkan secara gratis di codeplex.com atau akses langsung di http://www.bloggerbackup.codeplex.com/release/view/12201, lalu langsung kita download file tersebut dan kita simpan di harddisk kita.


Karena file software yang kita download tersebut merupakan file berekstensi zip, maka kita perlu untuk mengekstraknya terlebih dahulu. Kemudian double klik pada icon setup, klik Next dan ikuti prosedur penginstalan seperti biasa.


Jika sudah terinstall, silahkan buka software tersebut, kemudian pilih dan klik [Add/Update/Remove Blogs] di kolom Available Blogs. Masuk ke Log into Blogger and Get Blogs, isikan data yang diperlukan dalam kolom tersebut, jika sudah selesai, maka langkah sealnjutnya adalah backup posts. Klik saja Backup Post yang ada di paling bawah.


Hasilnya semua artikel dan komentar kita akan tersimpan dalam folder backup yang biasanya ada di dalam folder My Documents. Kemudian jika kita ingin me-restore hasil backup tersebut, tinggal klik Restore Posts. Mudah sekali kan?

Itulah beberapa hal dari sekian banyak informasi yang menambah wawasan saya mengenai blogspot ini. Semoga dengan informasi ini dapat membantu kita semua sebagai seorang Blogger... :)




Sumber gambar :

6 komentar:

  1. terima kasih atas tips tentang cara membackup posting dan komentar blog kita. Selain itu saya tertarik untuk membeli buku di atas.

    BalasHapus
  2. hehehe... sama2 terimakasih juga ya.. buku tersebut ada di gramedia dan toko buku lainnya, harganya murah dan isinya berguna buat kaum blogger :)

    BalasHapus
  3. codeflexnya missing link gan, ada sedotannya yg laen?

    BalasHapus
  4. makasih ya, semoga berguna buat kita semua.. nggak tau deh gan, ane nggak ada yg lain lagi

    BalasHapus
  5. oke gan
    terimakasih tips nya
    saya akan coba deh

    BalasHapus

Followers