Pages

Senin, 28 Mei 2012

Tips Mudah Belajar Bahasa Korea

Sekarang banyak orang tertarik untuk belajar bahasa Korea. Hal tersebut dikarenakan demam hallyu Korea yang merajalela ke hampir sebagian besar negara di dunia ini, tak terkecuali juga di Indonesia. Akibatnya banyak orang ingin belajar budaya dan bahasa Korea lebih dalam lagi. Mereka menggunakan banyak cara untuk mempelajarinya.

Belajar bahasa Korea memang cukup kompleks. Oleh karena itu, banyak media yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Korea, baik secara langsung maupun tak langsung. Tips mudah untuk belajar bahasa Korea adalah dengan memanfaatkan bahan atau informasi yang ada di media online, baik melalui musik Kpop, drama Korea, maupun sumber lainnya yang ada di internet.

Pihak pariwisata Korea, yaitu Korea Tourism Organization (KTO) memiliki banyak website yang dapat digunakan sebagai bahan untuk belajar bahasa Korea. Melalui fanpage KTO Indonesia dan twitter @KTOJakarta ada informasi mengenai layanan online bagi orang Indonesia yang ingin belajar bahasa Korea, tepatnya melalui note (http://www.facebook.com/note.php?note_id=380653215288896).

Dari note tersebut, ada informasi menarik mengenai tips mudah belajar bahasa Korea, yakni dengan pelatihan berbahasa Korea yang terdiri dari 3 sesi di http://english.visitkorea.or.kr/enu/CU/CU_EN_9_9_1_1.jsp. Dimulai dari sesi pengenalan, kita akan diajak untuk mengenal dasar-dasar dari ilmu bahasa dan tulisan Korea oleh presiden KTO, Mr. Charm Lee.

Setelah itu, sesi kedua merupakan sesi pembelajaran. Di tahap ini, kita akan mempelajari mengenai Hangeul, dimulai dari belajar konsonan Hangeul hingga memahami cara vokal Hangeul yang benar. Setelah itu, kombinasikan antara keduanya secara bersamaan. Masing-masing pembelajaran memiliki rentang waktu sekitar 10 menit.

Sesi terakhir, yaitu sesi latihan dan mencari pengetahuan lebih dalam lagi. Kita akan diajak untuk berlatih membaca lebih lancar lagi kalimat-kalimat yang ada. Terus mempelajari bagian Hangeul dan diakhir akan ada sejumlah alamat website yang dapat dijadikan bahan pembelajaran lagi mengenai bahasa Korea, yaitu Korean Wiki Project, Hangeul: Wikipedia, Talk To Me In Korean, dan KBS Learn Korean.

Itu adalah website-website yang bermanfaat dan dapat kita gunakan dalam mempelajari lebih dalam lagi mengenai bahasa Korea. Sebagian informasi yang ada di website tersebut mempelajari tentang tulisan konsonan Hangeul dan sebagian lainnya mempelajari tentang vokal Hangeul, serta ada juga yang mempelajari keduanya.

Selain dengan menggunakan media online, bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Korea bisa mengikuti program bahasa Korea yang banyak ditawarkan oleh universitas-universitas besar di Korea. Beragam program disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Biaya universitas dan perumahan kondisinya berbeda di setiap universitas, jadi kita harus memeriksa banyak universitas dan memilih yang paling sesuai.

Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya bagi anda yang sedang mencari bahan untuk belajar bahasa Korea. Selamat belajar bahasa Korea ya chinggudeul, gamsahapnida… ^^

Sumber gambar :

http://a3.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/207883_205756836120260_100000578346544_713366_5474051_n.jpg

11 komentar:

  1. hmmeee.. terus tlaten belajar korean deh pokoknya...

    BalasHapus
  2. terus belajar pantang menyerah demi cita-cita ke korea hahaha amiin...

    BalasHapus
  3. nice share..
    bahasa korea dipelajarinya gampang2 susah... :D

    BalasHapus
  4. Hi semuanya ...

    Saya dapat info langsung dari guru saya - Mr. Jeongseok Seo, asli dari Korsel bahwa bahasa korea di pasaran seringkali salah baik dalam penulisan baku, maupun penggunaan kalimat (ada kalimat yang lebih sopan utk orangtua, ada kalimat utk sesama teman. tapi artinya sama). Buku - buku yang dijual dipasaran pun tidak membantu banyak dalam pelafalan yang baik. Kalau kita dengar di film2 korea, lidah mereka seperti setengah cadel. Nah, itu pelafalan yang sebenarnya, yg sangat sulit bagi lidah Indonesia. Jadi, menurut beliau, belajar di website kurang efektif, terutama bagi pelafalan.

    Jika teman2 mau belajar bahasa korea yang baik & benar (sesuai kaidah yang berlaku umum & dipakai secara internasional), saya merefrensikan Alberta Jakarta - Foreign Languages Learning Center.
    Lokasi: Jl. Tanjung Duren Selatam VII/20
    Telp: 021-569 69 855
    Email: albertajakarta@gmail.com
    Twitter: @albertajakarta
    Blog: albertajakarta.blogspot.com

    Pengajarnya native - kelasnya asik & seru - biaya nya terjangkau - gurunya benar2 memperhatikan siswa one by one - small group class - kurikulumnya kurikulum korea selatan

    Semoga bisa membantu teman2 yg cinta korea.. Thanks

    BalasHapus
  5. demam korea membuat sebagian orang suka dengan bahasa korea
    nice tips

    BalasHapus
  6. Salah satu yang membuat orang tertarik bahasa korea adalah untuk menonton drama-drama korea dan untuk bisa berinteraksi dengan para artis dan aktor korea.

    BalasHapus
  7. Salah satu saya ingin belajar bahasa korea karena ingin menonton film-film romantis korea seperti film all about my wife

    BalasHapus
  8. Belajar bahasa korea memang penting karena banyak lagu-lagu korea yang enak didengar. Selain itu film-film romantis korea memang enak ditonton

    BalasHapus
  9. Kami CV. Bahagia sukses makmur bergerak dibidang jasa pembuatan kolam fiberglas,ornamen kolam dan delivery fiberglas yang terbuat dari kaca atau plastik yang diperkuat dengan serat kaca dan obat kimia agar tidak gampang pecah yang bersifat ringan dan kuat. dengan harga yang bisa di jangkau dan kualitas yang terjamin

    ornamen waterpark,tempat sampah fibber, water slide , tangki air fiber , bak sampah fiber glass, dan lain-lain. KAMI MENERIMA PESANAN SELURUH INDONESIA

    Info selanjut ya hubungi nomor dibawah ini
    Alamat : ruko cendana raya no 15 a bencongan indah kec. kelapa dua
    Tlp.wa : 081996000567 | 081112520820 (lina)

    #fiberglass #jualfiberglass #jasapembuatanfiberglass #tempatsampah #tongsampah #tempatsampahfiberglass #tongsampahfiberglass #tangkiair #tangkiairfiberglass #baksampah #baksampahfiberglass #waterslide #waterslidefiberglass #papanringbasket #papanringbasketfiberglass #hargajasapembuatanfiberglass #hargatempatsampahfiberglass

    BalasHapus

Followers