Pages

Kamis, 21 Juli 2011

Tehnik Sweep Picking

Sweep picking adalah salah satu andalan bagi para gitaris yang senang bermain dengan speed dalam permainan gitarnya. Sweep picking adalah suatu tehnik permainan gitar dengan cara memetiknya seperti menyapu. Artian kata menyapu disini adalah style atau pola memetik yang mengikuti bentuk chord atau kunci gitar. Yang dipakai untuk menyapu atau sweep adalah pick gitar kita dan yang disapu adalah senar gitar kita.
Sekarang mari kita lihat pola chord Em dibawah ini :

Chord Gitar Em

Mainkan dalam teknik sweep picking, yaitu dengan cara memetik senar dari bawah ke atas (jika dimainkan di gitar cara memetiknya dari atas ke bawah) dan jari tangan kiri yang memegang senar yang membentuk pola chord Em, speed atau kecepatannya harus sama dengan kecepatan jari tangan kana yang dipakai untuk mensweep senar gitar. Hal ini sangat berbeda dengan strumming atau menggenjreng gitar karena pada strumming jari tangan kiri hanya diam membentuk pola chord sementara pada sweep piciking jari tangna kita yang memegang senar yang membentuk pola chord bergerak mengikuti petikan jari tangan kana kita yang membentuk seperti menyapu atau sweep. Cara memetiknya pun bukan hanya dari atas ke bawah melainkan harus kembali ke atas lagi.

Yngwie Malmsteen
Satu-satunya gitaris yang bisa memainkan tehnik sweep picking ini dengan kecepatan yang tinggi dan bunyi yang sempurna adalah Yngwie Malmsteen. Disetiap lagunya dia selalu memainkan teknik sweep picking ini dengan baik dan sempurna.


sumber gambar : google

3 komentar:

Followers