Pages

Selasa, 23 Agustus 2011

Game Historis STRONGHOLD part.1



Sebentar lagi musim liburan menjelang lebaran nih, banyak yang pergi mudik ke kampung halamannya nih, tapi saya nggak. Daripada bosen di rumah dan juga nggak pergi kemana-mana mendingan maen game aja ya, nah ini ada salah satu game kesukaan saya banget nih, sebuah game ber-genre real-time strategy tentang perang kerajaan gitu.

Mau tau apa nama game tersebut? Yaitu Stronghold. Game ini merupakan sebuah game strategy war dimana latarbelakangnya adalah sejarah masa lalu tentang perang salib. Sejauh ini saya udah asik banget maenin ketiga seri game Stronghold tersebut, mulai dari versi Stronghold, kemudian Stronghold: Crusader, dan yang terbaru adalah Stronghold Legends.



Pembuat game war strategy ini adalah Firefly Studios. Pada Stronghold versi pertama, kita memiliki beragam pilihan untuk berperang, misalnya dalam mode campaign itu, ada pilihan untuk perang merebut wilayah, pilihan mengumpulkan uang dan sebagainya. Dalam versi pertama tersebut, untuk perang campaign yang menguasai wilayah kalo nggak salah ada 21 level.



Cerita Stronghold versi pertama adalah sebuah pulau atau Negara yang beberapa wilayahnya dikuasai oleh raja-raja yang jahat, yaitu Rat, Snake, Pig dan Wolf. Sedangkan kita disini berperan sebagai pasukan yang disuruh oleh Marshall untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang udah mereka kuasai. Namun pasukan kita terbatas jumlahnya dan uang kita serta sumber daya juga sedikit, tetapi kita harus mampu mengalahkan mereka semua, satu demi satu.




Untuk melawan Rat, ini yang paling mudah, karena pasukan utama yang paling dia sukai itu adalah spearmen. Cara mengatasi Rat gampang banget, kita cukup mengandalkan archer aja, lebih baik lagi kalo kita bikin wall yang terbuat dari kayu dengan tangga dan pagar di sekelilingnya, jadi archer bisa bebas panahin spearmen. Di Stronghold versi pertama ini, yang menjadi andalan buat pagar adalah kayu, karena belum ada sumber daya batu. 


Nantinya baru ada sumber daya batu, sehingga kita bisa menggunakan batu untuk tembok dan juga bisa digunakan buat senjata bagi catapult, trebuchet, dan mangonel. Selain itu batu juga bisa dijual biar kita bisa beli yang lainnya.



Kemudian untuk melawan Snake, juga lumayan gampang. Snake memiliki pasukan utama yaitu spearmen sama archer juga. Yah nggak jauh beda sama si Rat. Jadi buat ngatasin Snake nggak terlalu susah lah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers