Pages

Jumat, 27 Mei 2011

Baterai dari Bakteri



Bakteri merupakan mikrobia prokariotik uniselular, termasuk klas Schizomycetes, berkembang biak secara aseksual dengan pembelahan sel. Bakteri tidak berklorofil kecuali beberapa yang bersifat fotosintetik. Cara hidup bakteri ada yang dapat hidup bebas, parasitik, saprofitik, patogen pada manusia, hewan dan tumbuhan. Habitatnya tersebar luas di alam, dalam tanah, atmosfer (sampai + 10 km diatas bumi), di dalam lumpur, dan di laut.

 Ilmuwan Inggris berhasil mengetahui cara sel mentransfer listrik. Temuan ini membawa para ilmuwan kian dekat pada sel bahan bakar bakteri atau ‘baterai bio’. Seperti apa?


 Untuk pertama kalinya, peneliti University of East Anglia (UEA) memperagakan struktur pasti molekul protein yang memungkinkan sel bakteri mentransfer listrik. Temuan ini membawa ilmuwan pada teknik ‘pengikat’ bakteri langsung ke elektroda.


 Alhasil, sel bahan bakar mikroba efisien atau ‘baterai bio’ pun tercipta. "Suatu kemajuan menarik bisa memahami cara spesies bakteri menggerakkan elektron dari dalam ke luar sel," ungkap peneliti UEA Tom Clarke.

Mengidentifikasi secara tepat struktur molekul kunci protein merupakan proses penting untuk sumber listrik masa depan, lanjutnya. Riset ini didanai Biotechnology and Biological Sciences Research Council Inggris dan Kementrian Energi Amerika Serikat (AS). 


Gambar : google.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Followers